Segenap pengurus Kartunet mengucapkan "Selamat Idul Fitri 1435 H buat yang merayakan, mohon maaf lahir dan bathin"
Kirim Artikel! Jadilah contributor di Kartunet. baca ketentuan

Frozen Yoghurt, Camilan Sehat Dan Nikmat

Jakarta, Kartunet.com – Frozen yoghurt atau yang kita kenal sebagai froyo sangatlah digemari karena teksturnya yang lembut dan cita rasa sedikit masam. Camilan ini amat disukai oleh semua orang. Kita simak seluk beluk yoghurt, cara pembuatannya dan manfaatnya bagi kesehatan.


 


Berbagai gerai yang menjual yoghurt yang disajikan seperti es krim atau yang marak kita kenal sebagai froyo, frozen yoghurt ini bukan hal yang sulit ditemui di berbagai pusat pertokoan dewasa ini. Dengan pelbagai nama dan merek, froyo menjadi camilan murah, enak dan menyegarkan.


 


Jenis-Jenis Yoghurt


 


Saat ingin membeli yoghurt, tentu kita bingung karena dihadapkan oleh banyaknya jenis yoghurt yang tersedia. Yoghurt biasanya terbagi berdasarkan teksturnya. Berikut ragamnya.


 


Set Yoghurt


 


Set yoghurt ini merupakan jenis bertekstur sangat kental dan rasanya asam serta tawar karena tidak memiliki tambahan rasa, aroma atau gula. Jenis ini biasa disebut plain yoghurt dimana warnanya pun putih dan terasa asam di lidah saat menikmatinya.


 


Stir Yoghurt


 


Stir yoghurt ini bentuknya agak lebih encer daripada set yoghurt, namun masih terasa kental seperti es krim dan Anda membutuhkan sendok untuk menyantapnya. Jenis ini biasanya sudah diberi rasa, aroma, gula dan cita rasa buah.


 


Drink Yoghurt


 


 


Jenis drink yoghurt ini teksturnya sama seperti susu cair. Perbedaannya hanya terletak pada bahan baku dan cara pembuatannya saja. Jadi bukan berarti yoghurt cair tidak bagus seperti yoghurt kental.


 


Proses Pembuatan Yoghurt


 


Yoghurt berasal dari susu yang telah difermentasikan dan ditambah bakteri yang berguna merubah susu menjadi cairan asam laktat. Bakteri ini biasa dikenal sebagai bbakteri difidibakterium SP, lactobacilus SP, streptococustermofilus atau bakteri lactobacilus bulgaricus. Efek inilah yang membuat pecahnya protein pada susu sehingga susu menjadi kental dan masam.


 


Cara Pembuatan Yoghurt


 


Anda pun bisa membuat yoghurt sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah susu bubuk, susu cair, gula pasir dan yoghurt tawar sebagai bibit. Caranya masukan susu cair ke dalam panci, tuangkan susu bubuk dan gula pasir. Panaskan diatas api hingga suhu mencapai 85 derajat celcius dengan api kecil. Matikan api dan diamkan bahan hingga suhu menjadi sekitar 35 derajat celcius. Setelah itu masukan bibit yoghurt dan diamkan selama 24 jam. Terakhir, Anda bisa menambahkan sirup, sari buah atau ganti susu rendah lemak jika ingin membuat yoghurt jenis non fat.


 


Cara Penyimpanan Yoghurt


 


Saatnya menyimpan Yoghurt di dalam lemari pendingin bersuhu hingga 7 derajat celcius dengan wadah tertutup. Yoghurt pun siap untuk disantap. Cara membuat froyo sebenarnya tidaklah sulit karena jenis camilan ini proses pembuatannya hampir sama dengan membuat es krim yaitu dengan mesin pembuat es krim hingga bahan halus dan lembut.


 


Manfaat Yoghurt


 


 


Para peneliti dan ahli medis mengatakan bahwa yoghurt sangat baik bagi kesehatan, terutama bagi orang yang alergi akan susu dimana semua khasiat susu sudah tersedia pada yoghurt olahan ini. Yoghurt dapat menurunkan kadar kolestrol jahat LDL serta menopang daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.


 


Akhir pekan ini Anda bisa membuat sendiri yoghurt kegemaran untuk dinikmati bersama keluarga. Yoghurt nikmat ini pun bisa dilirik menjadi lahan baru bisnis rumahan dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Hendro


 


Kirimkan info atau pertanyaan Anda seputar kuliner ke email : redaksi@kartunet.com

Kartunet adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari Kartuneters sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *